AKBAR TANDJUNG: MARI BERLOMBA MENJADI YANG TERBAIK

AKBAR TANDJUNG: MARI BERLOMBA MENJADI YANG TERBAIK

- in Daerah
110
0

Kupang,IndonesiaVisioner.- Senin siang ini, (10 September 2018) ada suasana yang  berbeda di Masjid KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Kupang NTT. Faktor pembedanya adalah kehadiran sosok tokoh nasional Dr. Ir. H. Akbar Tandjung untuk menunaikan sholat Zhuhur berjamaah. Di sela-sela padatnya agenda kunjungan di ibukota Propinsi NTT ini, Akbar Tandjung memilih untuk sejenak menunaikan kewajiban ukhrawinya di masjid milik Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK).

Usai melaksanakan sholat Zhuhur, Akbar Tandjung didaulat oleh Farhan Suhada selaku takmir masjid untuk mengisi kuliah umum. Beliau kemudian memanfaatkan waktu yang singkat tersebut dengan menyampaikan beberapa hal penting guna menguatkan komitmen keislaman dan kebangsaan dari segenap jamaah Masjid Ahmad Dahlan.

Akbar mengapresiasi Universitas Muhammadiyah Kupang yang bersama Muhammadiyah secara nasional telah turut dalam mencerdaskan anak bangsa. “Saya adalah lulusan dari Sekolah Dasar Muhammadiyah di Sorkam Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Saya merasakan betul kiprah Muhammadiyah di bidang pendidikan. Semangat berfastabiqul khoirot inilah yang patut diteladani oleh segenap elemen bangsa”.

Terkait pentingnya merawat kemajemukan di Indonesia, Akbar kembali mengingatkan jamaah akan surat Alhujurat ayat 13. Bahwa Allah SWT  telah menciptakan kita semua dari laki-laki dan perempuan dengan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling kenal-mengenal. Kemajemukan merupakan hal fitrah yang harus diterima sebagai taqdir dari Sang Khaliq. “Yang mulia di sisi Allah hanyalah orang-orang yang bertaqwa”, demikian penekanan Akbar.

Mencermati kehidupan bangsa saat ini yang kian ketat dalam persaingan global, Akbar menghimbau para jamaah untuk meningkatkan kapasitas pribadi. “Faktor iman dan ilmu perlu jamaah sekalian benahi sebagai bekal untuk menjadi yang terbaik”, lanjut Akbar sembari menyitir Surat Ali Imran ayat 7. Beliau meminta jamaah agar tetap konsisten untuk berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul konkrit).

Pada bagian akhir kuliahnya tersebut, Akbar berharap Universitas Muhammadiyah Kupang bisa mendorong percepatan pembangunan di NTT lewat berbagai produk akademis yang semakin berkualitas. Akbar berpesan, “semoga UMK bisa semakin berprestasi di dalam memajukan Nusa Tenggara Timur”. (FS)

Facebook Comments