Visi Bima Ramah di Akhir Periode, IDP Berhasil !

Visi Bima Ramah di Akhir Periode, IDP Berhasil !

- in Daerah
196
0
M. Ikhlas Ade Putra

Optimisme masyarakat Pribumi sangatlah besar didambakannya Kabupaten Bima yang berkemajuan dengan Sosok Pemimpin yang visioner mempunyai integritas dan kapasitas sebagaimana layaknya Pemimpin daerah yang mampu melebihi keberhasilan Pemimpin daerah periode sebelumnya. Optimisme masyarakat Kab. Bima untuk sosok pemimpin hebat pada akhirnya terwujud dengan sosok Perempuan yang berjiwa besar, Integritas, dan visioner cukup meyakinkan bagi kalangan pendukung politiknya.

Sosok Perempuan tersebut yakni Ibu Hj. Indah Dhamayanti Putri sebagaimana biasa masyarakat mengenal dengan nama Umi Dinda, cukup menggemparkan seluruh masyarakat kabupaten bima dan membawa kaum perempuan memiliki emantisipasi dalam menyikapi persaingan berpolitik. IDP yang biasa disebut Umi Dinda dikenal jiwa patriotismenya sebagai sosok perempuan semenjak terpilih sebagai Bupati Bima. Tidak lupa dan tertutup (Ingatan, Mata, Telinga) Masyarakat dengan Janji politiknya, karena IDP berhasil meraih Mahkota Sebagai Bupati Bima dengan Visi Bima RAMAH.

RAMAH (Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal) Suatu Kata singkat yang mempunyai makna dan mata rantai yang tidak bisa dipisahkan dalam konsep pembangunan daerah, karena BIMA RAMAH tidak keluar dalam konteks Kehidupan Ekonomi, Sosial, dan Politik yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan Pemimpin dalam memimpin daerah ke arah yang Berprestasi di mata Public. Itu menurut hemat saya Pribadi.

Sekilas saya buka kembali Tentang Review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bima tahun 2016-2021 dapat diselesaikan. Substansi Review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penjabaran Visi, Misi, Janji-Janji Kampanye dan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati dalam kurun waktu lima tahun kepada warga Kabupaten Bima, Penyusunan Review RPJMD Kabupaten Bima tahun 2016-2021 berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

 Tujuan Penyusunan Review RPJMD sangat jelas untuk memberikan arah bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan masyarakat Kabupaten Bima seutuhnya selama lima tahun kedepan dan menyelaraskan kondisi daerah, permasalahan pembangunan, isu strategis, program strategis, kerangka pendanaan, indikator kinerja dan gambaran pengelolaan keuangan daerah. Dokumen Review RPJMD Kabupaten Bima tahun 2016-2021 merupakan pedoman dalam pembuatan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bima, Renstra Dan Renja SKPD dalam merencanakan Program Prioritas dan Kegiatan-kegiatan setiap tahunnya yang menyentuh kebutuhan masyarakat Kabupaten Bima serta memenuhi harapan masyarakat Kabupaten Bima dalam mewujudkan Visi “Kabupaten Bima yang RAMAH ” Religius, Aman, Makmur, Amanah, dan Handal. “

Namun, Sejauh ini berjalan 4 tahun selama 1 (satu) periode. IDP Belum mampu diraba keberhasilannya selama memimpin Kabupaten Bima, menjadi tanda tanya besar sebagaimana adanya beberapa permasalahan yang belum terselesaikan sejauh ini. Masih terjadi kritikan keras bagi IDP/Umi Dinda dengan persoalan janji politiknya yang masih belum sama sekali ternilai berhasil diseleaikan seperti Konflik masyarakat Desa, Perekonomian daerah, Infrastruktur, maupun tata kelola kepemerintahan yang baik. Tentu menjadi keresahan dan kekecewaan yang luar biasa bagi kalangan Mahasiwa, Aktivis dan masyarakat pada umumnya, Dengan alasan Visi BIMA RAMAH tidak sesuai Oreantasi yang dilihat pada realitasnya.

Objektifitas menjadi landasan dasar dalam menyampaikan kritik terhadap pemerintah Kab. Bima, IDP sebagai Bupati Bima terlihat GAGAL membawa Daerah Kab. Bima ke arah yang berkemajuan sesuasi dengan Visi BIMA RAMAH yang dijanjikan, Dan saya Pribadi mengecewakan itu.

BIMA RAMAH Tetap Kita Kawal Bersama, Supaya tidak menjadi Bumerang…

Penulis adalah M. Ikhlas Ade Putra Alumni Mahasiswa Malang

Facebook Comments