Kekeringan, Ribuan Pelajar dan Masyarakat Pamekasan Lakukan Shalat Istisqa

Kekeringan, Ribuan Pelajar dan Masyarakat Pamekasan Lakukan Shalat Istisqa

- in Daerah, Peristiwa
62
0

Pamekasan, Visioner.id – Ribuan pelajar dan masyarakat Kabupaten Pamekasan melaksanakan shalat Istisqa diimami oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan, K.H Ali Rahbini, di lapangan eks Karesidenan Pamekasan, Rabu (30/10/2019).

Salat Istisqa tersebut dilakukan untuk meminta turunnya hujan, lantaran ribuan sumur yang ada di 178 Desa se-Kabupaten Pamekasan mengalami kekeringan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para pelajar dan masyarakat sejak pukul 05.30 WIB, mulai berdatangan di kantor yang kini bernama Bakorwil IV (Badan Perwakilan Wilayah) Provinsi Jatim di Pamekasan.

Para pelajar putra dan putri tersebut berasal dari SMAN 3 dan 4, kemudian SMKN 1 dan 3, mereka tampak mengenakan seragam sekolah putih-abu-abu. Sedangkan masyarakat umum lainnya ada yang berpakaian gamis.

Kepala Bakorwil IV Pamekasan, Alwi Beiq mengatakan, cuaca akhir-akhir ini, masyarakat mengeluh kekurangan pasokan air bersih, baik untuk dikonsumsi, mencuci dan bersuci.

Untuk itu, kata Alwi Beiq, salah satu upaya sebagai orang yang beriman, pihaknya menyelenggarakan shalat istisqa.

“Ini juga sejalan dengan imbauan Gubernur. Gubernur bersama jajaran Polda juga melakukan istisqa, kita disini juga melaksanakan shalat istisqa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Pamekasan, Ali Rahbini dalam khotbahnya menyampaikan, ada beberapa dosa-dosa manusia yang dapat memperlambat turunnya hujan.

Diantaranya, melakukan kejahatan terhadap jiwa dan kehormatan orang lain, melakukan kejahatan terhadap harta orang lain, perzinahan, perjudian, narkoba dan perbuat maksiat lainnya.

“Oleh karena itu mari kita kembali ke jalan yang benar, dengan cara antara lain mari kita laksanakan semua kewajiban Allah dan jauhi segala larangannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, K.H Ali Rahbini mengatakan, tindakan-tindakan lain yang dapat mempercepat turunnya hujan adalah memperbanyak membaca istighfar, sedekah, puasa dan menyebarkan kasih sayang antar sesama. (MTnews/*)

Facebook Comments