Himapindo mendorong Malang Sebagai Kota Kreatif dalam TOT Nasional di Universitas Kanjuruhan Malang

Himapindo mendorong Malang Sebagai Kota Kreatif dalam TOT Nasional di Universitas Kanjuruhan Malang

- in Ekonomi
102
0

MALANG – Sejak pagi, gedung Sarwakitri Universitas Kanjuruhan Malang sudah dipadati ratusan mahasiswa. Hari ini, Selasa (26/9), mereka hadir sebagai peserta kuliah umum yang digelar oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis & Program Pasca Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang.

Terdapat dua agenda utama pada kuliah umum yang akan dihelat hingga sore ini, yakni Seminar Nasional dan Training of Trainer (TOT) Enterpreneurship. Dengan diawali sesi ‘Keynote Speaker’ sebagai pembuka rangkaian acara. Sesi ‘Keynote Speaker’ terasa istimewa dengan hadirnya Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko sebagai pembicara.
Malang Kota Kreatif’ menjadi tajuk utama pembahasan. Selama 20 menit lebih, Sofyan Edi menjelaskan kebijakan Pemerintah Kota Malang yang berorientasi pada daya saing dan ekonomi kreatif. Seiring dengan makin makin besarnya peluang enterpreneurship di era digital dan industri 4.0. Sehingga nantinya Kota Malang akan menjadi kota ekonomi kreatif berbasis IT.

Game dan aplikasi, kuliner, serta film, video, dan animasi masuk dalam roadmap pengembangan ekonomi kreatif Kota Malang sebagai arah sektor prioritas dan unggulan. “Dengan konsep ini kita mewujudkan bagaimana Malang ada satu pusat yang disiapkan pemerintah. Untuk mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa di Malang untuk jadi pengusaha,” ungkap dia.

Ia menuturkan, rencananya di tahun 2020 pemerintah akan membangun Malang Creative Center. “Disitulah start up bisnis termasuk hasil kreatifitas mahasiswa Malang bisa dilihat masyarakat dari luar Kota Malang,” ungkapnya

Seminar Nasional dan TOT dengan topik enterpreneurship dihelat oleh Universitas Kanjuruhan Malang agar mahasiswa mampu menjadi pengusaha muda,”Untuk pengembangan pola pikir dan melatih mahasiswa berpikir kreatif dalam usaha. Gimana caranya mahasiswa ini sebelum sarjana sudah punya usaha,” ungkap Koordinator Pelaksana Acara, Risky Anggale Pakarti.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (HIMAPINDO) Pusat, Budiyanto, dan Kepala BPKAD Pemprov Jawa Timur, Jumadi, sebagai narasumber. ”Diharapkan mahasiswa dapat peluang untuk memetik pengalaman dari narasumber,” jelas Risky.

Hari ini DPP HIMAPINDO bekerja sama dg universitas kanjuruhan mengadaka kegiatan SEMINAR NASIONAL & TOT-E,
“karena Hari ini Indonesia butuh byk pengusaha muda yg sukses terutama dikalangan mahasiswa Dan kami yakin bahwa kesuksesan yg hebat bukan lahir Dari 1 orang yg hebat melainkan lahir Dari satu Team yg hebat” pangkas Sekjend DPP HIMAPINDO EENK HERYONO, SE dalam sambutannya.

di sisi Lain ketua Pelaksana nasional HIMAPINDO (MUHAMMAD Ali Yavi, SE) mengatakan seperti yg dikatakan Ketum DPP kami Bapak Budiyanto bahwa Hari ini pengusaha muda harus mempunyai legalitas Hukum dalam dunia entrepreneur Agar bisa bersaing lebih luas untuk kedepannya Dan himapindo mewadahi kebutuhan itu semua. (fhm).

Facebook Comments