Darmawan Puteratama: Tegaskan Kader HMI Cabang Malang untuk Jaga Independensi di Momentum Politik

Darmawan Puteratama: Tegaskan Kader HMI Cabang Malang untuk Jaga Independensi di Momentum Politik

- in Entertainment, Liputan Diskusi
1150
0

Visioner.id, Malang –  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang 1439-1440 H menggelar diskursus di Dialetic Coffee tepatnya di jalan MT Haryono Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Perilaku trend politik kaum millenial di pemilu 2019 yang dimana hari ini sosok mahasiswa yang terlibat aktif dalam organisasi HMI harus mampu menempatkan dirinya sebagai kader yang berdiri ditenngah-tengah konflik politik. “Artinya kader HMI harus mengingat bahwa sebagai kader memiliki independensi yakni independensi etis dan organisatoris“. Ungkap Darmawan Puteratama selaku Ketum Umum Badan Koordinasi HMI Jawa Timur 2016-2018.

Lanjut, Darmawan pemilu raya dikampus-kampus sebenarnya hampir sama dengan pemillu di Indonesia seperti kita lihat ada Pileg, Pilkada, Pilpres. Yang menjadi aksentuasi disini adalah kader HMI dalam mengawal pesta demokrasi ini harus mampu menganalisa dan mengamati dengan baik bahwa yang direalitas nantinya yang di hadapi oleh kawan-kawan bukan lagi sekelas mahasiswa, melainkan langsung menghadapi masyarakat, baik itu pada kaum kelas kebawah, menengah, ataupun kelas keatas seperti birokrat. Teman-teman juga harus selalu aktif membaca berita-berita di media karena sekarang media berperan penting dalam trend politik untuk kaum millenial. Tambahnya.

Disisi lain, “Peran kader HMI dalam momentum politik 2019 adalah harus menuangkan pemikiran-pemikiran melalui pesta demokrasi ini. Dalam menilai harus objektif, untuk menilai objektivitas harus terbuka untuk semu hal. HMI hari ini harus mampu bersikap secara etis dan organisatoris di pesta demokrasi yang nanti kita sama-sama hadapi. Memberikan pendidikan politik kepada masyarakat ikut terlibat secara individual dalam sebauh instansi. Teman-teman harus mampu menangkap dengan baik momentum ini agar tidak salah arah“. Katanya.

Darmawan Puteratama selaku Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Jawa Timur 2016-2018 H mengharapkan sebai pemuda millenial khususnya kader HMI Cabang Malang paling tidak mampu hadir memberikan kontribusi dalam pesta demokrasi ini dengan mengawal segala bentuk permainan-permainan yang berbaur politik uang, mengawal regulasi yangvada dalam proses pemilihan. “Terpenting teman-teman jangan ikut terlibat dalam ikut menjadi team kampanya. Jaga idealisme atau independensi teman-teman hari ini“. (Adt).

Facebook Comments