Pancasila Wadah Keberagaman

Pancasila Wadah Keberagaman

- in Daerah, Liputan Diskusi, Nasional, Pendidikan, PolHum
6993
0

IndonesiaVisioner-Magetan. Tragedi Bom Surabaya yang terjadi akhir-akhir sangat memprihatinkan. Semangat Pancasila kembali diuji oleh aksi kelompok radikal yang ingin menggerus persatuan negeri. Berikut pernyataan Gatot Sudjito anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) saat menyampakan Sosialisasi Pilar Kebangsaan di hadapan 200-an anggota Kelompok Tani dan Kader Golkar di Magetan . (04/06/2018)

Hari ini menjadi penting bagi masyarakat Indonesia dalam menyikapi perkembangan dan gerakan radikalisme yang mengatasnamakan Jihad oleh sekelompok pelaku teror, Khususnya di 3 gereja Surabaya yang menewaskan korban tidak berdosa.

Bahwa Pesantren dan Pancasila dapat membuktikan bahwa Islam linier dengan keberagaman disatu sisi dan persatuan disisi lain, terbukti jika Pancasila merupakan keputusan kompromistis dalam mewadahi keberagaman dan persatuan itu. Bahwa teror yang dilakukan di Surabaya sesungguhnya tidak pantas mengatasnamakan Islam.

Akhirnya, saya mengajak, mari membangun tatanan kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama yang melandaskan kerja operasionalnya bercermin pada Pancasila, yang diperkuat dengan UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tungga Ika, demi terwujudnya kehidupan yang harmonis dan damai. (ak-iv)

Facebook Comments