M. Rusdi. B: P2K3 Sebagai Lembaga K3 di Tempat Kerja

M. Rusdi. B: P2K3 Sebagai Lembaga K3 di Tempat Kerja

- in Liputan Diskusi
74
0
M. Rusdi. B, ST., Pemateri dalam pelatihan Ahli K3 Umum KEMNAKER RI

Visioner.id, Sulsel – Semua alat K3 dari pabrik saya yakin semua itu tidak aman, contohnya mesin pemotong itu ada covernya, tapi lebih bagus lagi jika mesin pemotong ini ada sensornya. Adakan biasanya debu atau serbuk-serbuk kayu yang terlempar. Artinya semua itu harus kita fikirkan dampak ketika dalam pekerjaan. Selain itu juga penggunaan APD yang pada dasarnya hal yang kecil tapi diharaukan, padahal dalam segi manfaat APD ini sangat berpengaruh dalam pekerjaan.

Begitulah yang dikatakan oleh M. Rusdi. B, ST yang sebagai pemateri dalam pelatihan calon K3 Umum KEMNAKER RI Batch 18, yang berjumlah 28 peserta yang diselenggarakan secara via zoom oleh PT.  PAS (Piramida Amanah Sakti) pada hari Kamis, (16/07/2020)“.

Diketahui saat pelatihan berlangsung M. Rusdi. B, ST menyampaikan bahwa strategi  K3 secara nasional adalah untuk menyusun dan meningkatkan kebijakan K3, meningkatkan sumber daya manusia di bidang K3, meningkatkan pembinaan dan penerapan SMK3, meningkatkan sarana dan prasarana K3, dan meningkatkan jejaring serta instansi, lembaga, personil serta pihak-pihak terkait. Katanya.

Selain itu juga Rusdi juga menjelaskan beberapa terkait tugas P2K3 adalah memberikan saran dan pertimbangan baik diminta maupun tidak kepada pengurus tempat kerja mengenai masalah-masalah K3. Dan fungsi P2k3 adalah  menghimpun dan mengolah segala data dan atau permasalahan K3 ditempat kerja yg bersangkutan, serta mendorong ditingkatkannya penyuluhan, pengawasan, latihan dan pendidikan K3. Terangnya saat membawakan materi.

Sebagai Ahli K3 tentunya harus betul-betul paham terhadap proses mekanisme kerja di lapangan, jangan sampai saat terjadi suatu hal kecelakaan kerja teman- teman tidak tahu hal apa yang harus dilakukan semisalnya dalam menggunakan alat pemadaman kebakaran“. Tegasnya.

Diakhirinya, Rusdi menyampaikan sasaran pembinaan P2K3 yakni meliputi pembinaan personil, pembinaan program, pembinaan operasional, dan pembinaan administrasi. Tutupnya. (Adt).

Facebook Comments