Primus Tegaskan Soal Integrasi Sosial

Primus Tegaskan Soal Integrasi Sosial

- in Nasional
164
0

Bogor. IndonesiaVisioner– Dalam kegiatan sosialisasi empat pilar bangsa di desa Cogreg Kabupaten Bogor, Sabtu (10/2/2018), anggota MPR-RI, Primus Yustisio tegaskan pentingnya integrasi sosial. Kepada warga ia katakan,

“integrasi, atau soliditas dalam kebhinekaan, merupakan dasar bagi
kehidupan berbangsa. Kita ini bangsa yang ragam, olehnya itu, harus solid dalam kebhinekaan.”

Menurutnya, kesadaraan akan integrasi sosial dalam kebhinekaan, akan terjadi, bila kita memiliki pemahaman yang kuat pada Pancasila dan UUD 1945.
“Pancasila dan UUD 1945 merupakan basis nilai yang membingkai pemahaman kita tentang integrasi sosial.” Demikian tegasnya.

Lebih lanjut, anggota anggota DPR dari dapil Jawa Barat V ini juga katakan, 2018 adalah tahun politik, dimana akan diselenggarakannya Pilkada serentak 2018. Ditahun politik ini, ancaman disintegrasi sosial bisa saja terjadi akibat dipicu oleh kepentingan-kepentingan politik.

Kata Primus, “sudah terjadi di berbagai daerah, dimana meledaknya konflik dan kekerasan horizontal yang disebabkan oleh masalah pemilihan kepala daerah.”

Menurutnya, salah satu cara memitigasi persoalan ini adalah, memberikan pemahaman secara mendalam kepada masyarakat tentang pentingnya integrasi sosial, melalui Pancasila dan UUD 1945 sebagai pilar penting kehidupan berbangsa dan bernegara. Lanjutnya, jangan sampai persoalan politik ini, menimbulkan akumulasi perpecahan yang kemudian mengganggu keutuhan NKRI.

Warga Cogreg yang hadir dalam acara sosialisasi, mengucapkan terima kasih pada MPR-RI, khususnya kepada Primus yang telah menyelenggarakan acara sosialisasi empat pilar di kampung Cogreg.

“Kami berterima kasih atas diselenggarakannya acara ini. Kegiatan seperti ini memberikan pemahaman kepada kami tentang pentingnya hidup toleransi dalam masyarakat desa Cogreg yang beraneka ragam. Kalau bisa pak Primus lebih sering bikin kegiatan begini di Cogreg” Demikian tegas Ahmad Bukhari, selaku tokoh masyarakat setempat, yang turut serta dalam kegiatan sosialisasi empat pilar bangsa [R/Z].

Facebook Comments