Menjelang Pemilu 2019 : Aliansi Mahasiswa Jakarta Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Menjelang Pemilu 2019 : Aliansi Mahasiswa Jakarta Gelar Deklarasi Pemilu Damai

- in Nasional
157
0

JAKARTA – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jakarta menggelar deklarasi pemilu damai 2019 di tugu proklamasi Jakarta pusat. Minggu, (14/04/19)

Andi Prayoga Presiden Mahasiswa Stebank sekaligus koordinator deklarasi menuturkan bahwa pemilu 2019 diharapkan berjalan dengan kondusif, aman dan damai tanpa hoax, fitnah dan ujaran kebencian sesama anak bangsa.

“Puncak pesta demokrasi sudah berada di depan mata. Tepat pada tanggal 17 April 2019 seluruh masyarakat Indonesia menentukan hak pilihnya dalam pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden (Pilpres) dan pemilu legislatif (Pileg) dengan aman, damai serta sejuk dan terhindar dari perpecahan dan kebencian antar anak bangsa”. Ucapnya

Diketahui, sejak tanggal 23 September 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah membuka kampanye. Sebelum membuka kampanye, KPU dan kedua kubu capres-cawapres serta para petinggi partai juga sudah mendeklarasikan pemilu damai, dengan redaksi:

“Kami peserta Pemilu tahun 2019, berjanji: Satu mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. “kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye, berdasarkan peraturan UU yang berlaku,” Tambahnya lagi

Selain itu, Prayoga pun menyayangkan masih banyak simpatisan kedua kubu Paslon capres dan cawapres membangun opini publik yang tidak benar dan saling fitnah. pun dirinya mengingatkan agar disudahi aksi fitnah, hoax dan ujaran kebencian menjelang masa pencoblosan 17 April 2019 mendatang.

“Bagaimana akhir-akhir ini kita melihat berita bohong dan hoaxs tersebar dimana-mana. Media yang seharusnya dijadikan sebagai sarana menyebar informasi penting, malah dijadikan alat menyebar hoax. Tidak saja berita hoax, kampanye dengan cara negatif juga dipertontonkan oleh para elit-elit partai. Saling serang dan saling fitnah yang dilakukan. Kami mahasasiswa sangat menyangkan hal itu terjadi apalagi sudah mau masuk pada masa pencoblosan 17 April besok”. Terang Andi saat di mintai keterangannya usai deklarasi damai 2019

Selain itu, Prayoga dan pihaknya menghimbau agar masyarakat Indonesia menentukan pilihannya dengan bijak dan tanpa paksaan unsur lain.

“Kami berharap agar seluruh masyarakat Indonesia tidak GOLPUT, mari tentukan pilihan dengan nurani dan agar lebih hati-hati dalam menggunakan hak pilihnya”. Imbuhnya

Adapun hasil deklarasi damai pemilu 2019 Aliansi Mahasiswa Jakarta sebagai berikut :

1. Kami berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia agar menentukan pilihannya dengan bijak dan tanpa paksaan unsur lain.

2. Kami berharap agar seluruh masyarakat Indonesia tidak GOLPUT.

3. Kami berharap kepada seluruh kaum milenial agar menentukan pilihannya dan tidak GOLPUT.

4. Kami percayakan kepada KPU agar bersikap adil dan independen serta tidak memihak dalam melaksanakan pemilu.

5. Kami berharap dan percayakan kepada TNI dan POLRI agar mengamankan pemilu sehingga pemilu menjadi kondusif, tentram, aman dan terhindar dari kecurangan.

6. Stop Hoax, berita bohong dan saling fitnah.

7. Kami berharap, pemilu 17 April 2019 nanti adalah pemilu yang damai, tentram, sejuk dan penuh dengan kegembiraan.

8. Junjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Facebook Comments