HMI Cabang Pasuruan: Hari Raya Idul Fitri 2019 Jatuh Pada Hari Rabu

HMI Cabang Pasuruan: Hari Raya Idul Fitri 2019 Jatuh Pada Hari Rabu

- in Nasional
243
0

PASURUAN, JATIM – Selain menetapkan waktu awal puasa (1 Ramadhan), Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI) telah menetapkan tanggal 1 Syawal 1440 H. Penetapan ini sesuai dengan hasil sidang Itsbat yang dilakukan pada hari Senin, (02/06/2019), yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syarifuddin.

Sidang ini dilakukan sebagaimana kaidah dan ketentuan yang berlaku, demikian maka 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 05 Juni 2019, yang berarti hari Selasa masih melaksanakan ibadah puasa Ramadhan” begitu penjelasan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syarifuddin.

Hal ini juga dikuatkan dengan surat dari Pengurus Besar NU dengan Nomor surat: 3547/C.I.34/06/2019 yang berisi tentang PBNU atau tim Falakiyah telah melakukan Rukyatul-bilal bil fi’li tapi tidak melihat bilal, dengan demikian penetapan awal Syawal jatuh pada hari Rabu dan puasa Ramadhan tahun ini genap 30 Hari.

Selaras dengan Pengurus Besar NU, Pengurus Pusat Muhammadiyah juga menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 05 Juni 2019. Dalam maklumat PP Muhammadiyah Nomor : 01/MLM/I.0/E/2019, dengan beredarnya beberapa surat maupun maklumat dari Pengurus Besar NU dan Pengurus Pusat Muhammadiyah kedua ormas Islam terbesar di Negara kesatuan Republik Indonesia.  Maka bulan Ramadhan akan berakhir pada hari Selasa, 04 Juni 2019. Ucap, “Robet (Ketum HMI Cabang Pasuruan)”.

Lanjut Robet yang juga alumni STKIP PGRI Pasuruan, kita akan ditinggal oleh bulan yang penuh rahmat dan bulan dimana amal kita dilipat gandakan serta bulan dimana banyak kejadian –  kejadian yang diperebutkan oleh umat muslim se dunia, seperti Nuzulul Qur’an dan Lailatul Qodar. (Adt).

Facebook Comments