HUT Bhayangkara ke 71: Mendukung Komitmen Polri Tegak Lurus dengan Negara dan Rakyat.

HUT Bhayangkara ke 71: Mendukung Komitmen Polri Tegak Lurus dengan Negara dan Rakyat.

- in Default, Nasional, Opini
1655
0

Oleh: Achmad Mu’as, S.H.*

Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan aparat negara yang sesuai amanah undang-undang memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan, ketertiban masyarakat, mengayomi, melayani masyarakat dan menegakkan hukum (Pasal 30 ayat 4 UUD 1945). Institusi ini juga memiliki peran dalam membimbing masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana kondusif demi kenyamanan hidup orang banyak. Maka dalam momentum HUT Bhayangkara ke-71 tahun ini menjadi momen kita bersama untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada aparat negara untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas hidup berbangsa dan bernegara.

Gagas Nusantara Koordinator Jawa Timur melalui Direkturnya Achmad Mu’as, menyampaikan bahwa kinerja Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan peran positif dengan tanggap akan segala hal yang berhubungan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan ini telah dibuktikan akan langkah profesional Polri sebagai abdi utama rakyat, meskipun masih banyak oknum yang antipati atas langkanya dalam menjaga keamanan bangsa ini, Polri mampu menunjukan sikap tegak lurusnya dengan Negara dan Rakyat, pungkas Mu’as.

“Tak luput juga mengenai Kiprah Polri di bawah Komando Bapak Jenderal Polisi Tito Karnavian membawa Polri dalam profesionalitas dan modernisasi untuk berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat (public trust), di tengah dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara yang menguras banyak energi dan perhatian, Polri mampu untuk melaksanakan tugas sesuai fungsinya dengan baik. Sebagai contoh yang bisa kita soroti dari kinerja polri saat ini ialah kemampuan institusi ini untuk melakukan upaya preventifikasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi di masyarakat (social symptom) dan melakukan komunikasi dan pendekatan ke segala elemen” tuturnya.

“Hari ini Polri membutuhkan segenap partisipasi masyarakat untuk bersama-sama membangun komitmen dan loyalitas dalam mewujudkan negara yang konstitusional, serta mampu bersikap untuk menjaga keindonesiaan. Legitimasi sosial ini yang saya yakini akan menjadi people power yg positif” tutupnya.
*) Mahasiswa Magister Hukum Unair
Direktur Eksekutif GAGAS Nusatara Jatim

 

Facebook Comments