Mari Dukung Pemerintah Sukseskan Pelaksanaan Asian Games 2018

Mari Dukung Pemerintah Sukseskan Pelaksanaan Asian Games 2018

- in Artikel
4883
0

Jakrta – Setelah 56 tahun lalu pernah menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan olahraga paling bergengsi di Asia, Indonesia kembali terpilih menjadi pelaksanaan Asian Games untuk kedua kalinya. Memang, sebenarnya Asian Games tahun 2018 ini seharusnya diselenggarakan di Hanoi, Vietnam. Hanya saja, lantaran krisis keuangan yang melanda negara tersebut, akhirnya Vietnam menyatakan mengundurkan diri menjadi tuan rumah.

Terlepas dari hal itu, dengan terpilihnya Indonesia menjadi pengganti Vietnam sebagai tuan rumah, otomatis menjawab pesimisme dari pelbagai kalangan yang menganggap bahwa Indonesia juga tidak akan mampu melaksanakan perhelatan olahraga akbar tersebut.

Bahkan, kita sebagai bangsa Indonesia patut berbangga dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang mampu menjadikan kejuaraan Asian Games di Indonesia menjadikan hajatan olahraga paling besar dalam sejarah Asian Games selama ini.

Hal itu tidak terlepas dari upaya dan kerja keras Pemerintah yang serius menjadikan hajatan olahraga tersebut untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang besar dan mampu menjadi tuan rumah yang baik.

Pemerintah juga berharap para atlet yang bertanding dalam kejuaraan tersebut mampu menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang berprestasi dan siap menjadi yang terdepan dalam mengangkat posisi Asia di dunia.

Pemerintah gencar melakukan sosialisasi dan promosi dari semua tingkatan pemerintahan dari pusat hingga ke daerah-daerah. Pemerintah mennganggap bahwa penyelenggaraan Asian Games merupakan kegiatan penting bagi bangsa Indonesia. Bahkan, Pemerintah melibatkan atlet dan artis untuk melakukan promosi kejuaraan tersebut.

Terkait kesiapan venue, 15 hari sebelum pelaksanaan Asian Games, seluruh venue yang akan digunakan 99 persen telah siap untuk dipakai. Bahkan, untuk penyelenggaraan di kota Palembang, Sumatera Selatan juga sudah 100 persen siap digunakan.

Kita patut mengapresiasi komitmen Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan perhelatan Asian Games 2018 sebagai langkah kebangkitan olahraga Indonesia. Pemerintah berharap Indonesia dapat dilihat oleh seluruh mata di dunia.

Asian Games juga merupakan medium untuk menjaga soliditas dan solidaritas antar negara-negara di Asia agar tetap menjalin persahabatan dan perdamaian. Hal itu nampak terlihat dari formasi negara-negara yang bertanding seperti Korea Selatan dan Korea Utara menjadi satu bagian serta beberapa negara bagian China yang juga menggunakan nama China di belakangnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa sejarah Asian Games merupakan pesta olahraga yang lahir saat imperalisme barat mulai runtuh dan munculnya kebangkitan bangsa-bangsa Asia yang menyatakan kemerdekaannya. Asian Games harus menjadi landasan untuk tetap menjaga nasionalisme bangsa-bangsa di Asia.

Sekali lagi, dengan landasan komitmen itu, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Asian Games tahun 2018 yang digelar di Indonesia juga akan memberi energi baru bagi perjuangan Palestina untuk mendapatkan kebebasan dan kesejahteraannya. Saat Timnas Sepakbola Indonesia bertanding melawan Palestina dan defie kontingen nampak jelas terlihat dukungan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia.

Terakhir, rasa bangga terus terpancar ketika Presiden Jokowi menegaskan komitmennya untuk memberikan reward kepada para atlet yang berprestasi dalam kejuaraan Asian Games kali ini. Bahkan, tidak hanya mendapatkan bonus uang tunai, Pemerintah juga akan memberikan kesempatan kepada mereka yang berhasil mendapatkan medali untuk menjadi PNS, Anggota Polri dan TNI.

Sekali lagi, kita patut berbangga dan saya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu mendukung upaya dan kerja keras Pemerintah Indonesia dalam menyukseskan perhelatan Asian Games ke-18 ini.

Penulis adalah Ketua Umum Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN)

Oleh : Iwan Dwi Laksono

Facebook Comments