Dorong Ekonomi Masyarakat Desa Kab. Bima Melalui Penguatan Pengelolaan Kegiatan Kkn Mahasiswa

Dorong Ekonomi Masyarakat Desa Kab. Bima Melalui Penguatan Pengelolaan Kegiatan Kkn Mahasiswa

- in Artikel
145
0
M. Ikhlas Ade Putra

Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mandiri perlunya pemerintah kabupaten bima Menginisiasi penyelenggaraan  seminar antar Perguruan Tinggi, Dunia usaha, dan pelaku perekonomian. Sebab adanya peningkatan peran Perguruan Tinggi dalam Mendorong  Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Forum Ilmiah seperti Seminar, tentu menjadi daya mutualisme para Mahasiswa, Pelaku usaha maupun masyarakat. sebagaimana manfaat kegiatan tersebut guna menjadi pendorong perubahan untuk memberikan pendidikan dan tata kelola yang baik dalam menata perekonomian tingkat Desa ke-arah yang lebih baik.

Dalam mendorong perekonomian tingkat desa yang tertinggal tentu menjadi solusi bagi masyarakat sebagaimana Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif dan Revitalisasi Pengelolaan Dana Desa. Upaya yang aktif Perguruan Tinggi dan Mahasiswanya melalui program kampus Kuliah Kerja Nyata (KKN) tentu mempunyai program kerja Kelompok yang menerlibatkan lansung masyarakat, kemudian tidak menutup kemungkinan adanya Potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus mampu dilihat tingkat desa terkait, sehingga mampu menyelaraskan bentuk program kerja KKN yang akan direalisasikan sesuai dengan keadaan Desa. Basis Ekonomi Kreatif melalui UMKM menjadi bentuk solusi yang solutif bagi masyarakat Desa lingkup Kabupaten Bima untuk kemandirian ekonomi serta meningkatkan Produktifitas pekerjaan yang akan mengurangi pengangguran pemuda/pemudi tingkat desa, dengan keterlibatan langsung oleh mahasiswa KKN menjadi legitimator dalam membantu pemerintah Desa dan mensukseskan program pemerintah Desa.

Melalui asas kemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) itu sendiri, dana Desa digunakan untuk membiayai penyeleggaraan Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Kemasyarakatan. Bahwa Dana Desa tersebut di prioritaskan untuk membiayai Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dan ini menjadi landasan dasar bagi mahasiswa itu ikut andil dalam pembangunan Desa melalui Program KKN tersebut. Sebagaimana mahasiswa hadir dimasyarakat mampu mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pertama Pendidikan dan Pengajaran, Kedua Penelitian dan Pengembangan, Ketiga Pengabdian pada Masyarakat)

Maka, sangatlah relevan Pemerintah Kabupaten Bima memberikan dukungan moral dan moril  terhadap Perguruan Tinggi maupun pelaku ekonomi guna sebagai bentuk usaha kinerja pemerintah yang  kalaboratif  dan integritas dalam mengoptimalkan Peraturan Pemerintah (PP NO. 60 Tahun 2014) Tentang Dana Desa tersebut.

 

Ikhlas Ade Putra, adalah Alumni Mahasiswa Malang

Facebook Comments