LPPM Unesa Tingkatkan Daya Saing Toko Ritel Tradisional di Kabupaten Lamongan

LPPM Unesa Tingkatkan Daya Saing Toko Ritel Tradisional di Kabupaten Lamongan

- in Daerah, Ekonomi, Kesra, Nasional, Pendidikan
3364
0

Lamongan-IndonesiaVisioner. Menjamurnya ritel modern seperti minimarket Alfamart dan Indomart di Lamongan, secara tidak langsung memengaruhi perkembangan usaha ritel yang berada di daerah. Hal ini disebabkan oleh keterampilan pendataan barang yang dimiliki para UKM ritel di Lamongan yang masih terbatas serta belum adanya perencanaan bisnis yang spesifik sehingga target dan sasaran usaha belum memiliki arah kepada pengembangan usaha bisnis yang lebih mapan.

Melihat fenomena tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya mengenalkan sekaligus melakukan pendampingan kepada pelaku UKM ritel di kabupaten Lamongan untuk menggunakan sistem informasi manajemen toko ritel.

Menurut Achmad Kautsar, selaku ketua pelaksana program pengabdian kepada masyarakat tersebut “Kegiatan yang diselenggarakan oleh LPPM Unesa ini, saya rasa akan meningkatkan daya saing UKM ritel di Kabupaten Lamongan.”. Upaya peningkatan kemampuan daya saing UKM ritel di Lamongan tersebut ditempuh melalui pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh dosen-dosen dari Universitas Negeri Surabaya, imbuhnya. Materi pelatihan utama yang disampaikan adalah pemahaman penggunaan software retail bisnis, pemahaman akan manajemen persediaan, manajemen penjualan, dan manajemen laba usaha.

Syafiil Anam selaku pemilik Toko An-Nizam yang berada di Desa Kudikan RT 4 RW 1 Kecamatan Sekarang Kabupaten Lamongan sangat antusias menyambut program ini. “Program pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi toko kami, setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan ini, manajemen persediaan dan penjualan toko dapat dipantau dengan mudah”. Pungkasnya. (akw-iv)

Facebook Comments