Gelar Pelatihan Manajemen Diri, Dosen Manajemen Unesa Ajak Guru Tingkatkan Profesionalisme

Gelar Pelatihan Manajemen Diri, Dosen Manajemen Unesa Ajak Guru Tingkatkan Profesionalisme

- in Daerah, Liputan Diskusi, Nasional, Pendidikan
808
0

Surabaya-IndonesiaVisioner. Pemeritah pusat melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan telah menaikkan anggaran pendidikan untuk meningkatkan kemampuan guru. Maka sudah sewajarnya jika para guru dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Salah satu progam untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas guru dapat dilakukan melalui program pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan penilaian kinerja guru (PKG).

Dalam rangka memenuhi tuntutan pembentukan mental profesional tentunya diawali dengan pentingnya membangun keyakinan diri, untuk menciptakan keyakinan diri guru harus diberikan pembekalan tentang manajemen diri, untuk mengelola dirinya melalui fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi, dan mengendalikan serta mengevaluasi diri sendiri.

Fenomena diatas menjelaskan bahwa pentingnya manajemen diri bagi guru. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan profesionalitas guru, mulai 06 Agustus 2017 yang lalu, para Dosen Jurusan Manajemen FE Unesa menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan manajemen diri bagi guru taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Adapun salah satu lokasinya adalah di SD Al Chusnaini Kloposepuluh Sidoarjo.

Menurut Prof. Dr. Dewie Tri selaku ketua pelaksana kegiatan ini, ”kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi, pengetahuan dan meningkatkan minat serta ketrampilan kepada guru PG-TK dan SD melalui Pelatihan Manajemen diri sehingga secara jangka panjang guru lebih profesional dalam mengajar dan pengembangan karirnya. Kedua, Guru-guru dapat Merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi, dan mengendalikan serta mengevaluasi diri sendiri. Ketiga memberikan pengertian bahwa penting untuk melakukan PKB dan PKG hal tersebut untuk lebih meningkatkan kinerja guru “.

Tanggapan dari peserta “pemateri menyampaiakan materi dengan sangat baik serta responden mengikuti materi dengan sangat antusias baik dalam dalam pertanyaan yang diajukan maupun pola interaksi dengan pemateri, selain itu para peserta paham tentang PKB dan PKG”.

Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya keinginan para guru untuk meningkatkan profesionalisme melalui penyusunan laporan PKB. Hal ini dibuktikan para peserta yang bisa membuat laporan PKB dengan baik.(akw-iv)

Facebook Comments