Dosen Manajemen FE Unesa Gelar Pelatihan Tata Kelola Arsip Sebagai Penunjang Akreditasi Sekolah

Dosen Manajemen FE Unesa Gelar Pelatihan Tata Kelola Arsip Sebagai Penunjang Akreditasi Sekolah

- in Daerah, Liputan Diskusi, Pendidikan
675
0

Jurusan Manajemen FE Unesa tak henti-hentinya berikan sumbangsih bagi kemajuan pendidikan. setelah minggu lalu selesai menyelenggarakan rangkaian pelatihan manajemen diri, kini selesai pula kegiatan pelatihan tata kelola arsip bagi sekolah-sekolah.

Bertajuk “IbM Peningkatan Kapabilitas Manajerial Melalui Tatakelola Arsip (sebagai penunjang akreditasi)”, kegiatan pengabdian ini diselenggarakan sejak 14 Juli 2017. Salah satu sasaran mitra kerjasama yaitu SD Kendangsari, Surabaya.

Tata kelola arsip merupakan salah satu unsur penilaian akreditasi sekolah. Namun masih banyak dijumpai sekolah-sekolah utamanya Sekolah Dasar yang kurang baik dalam mengelola arsip. Hal ini dikarenakan manajemen sekolah yang biasa dirangkap oleh guru, ditambah kurangnya pengetahuan manajerial secara teori maupun praktek, sehingga kurang maksimal dalam pengelolaan. Maka dari itu banyak sekolah-sekolah yang sebenarnya kualitas belajar mengajarnya bagus, tetapi memiliki akreditasi rendah dikarenakan aspek yang lain, yaitu manajemen sekolah utamanya bidang pengarsipan.

Menurut Trias Madanika Kusumaningrum, SE.,S.Pd.,MM., ketua pelaksana kegiatan, ”kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapabilitas manajerial sekolah melalui tata kelola arsip, jika tata kelola arsip dikelola dengan baik maka akan menunjang keberhasilan banyak kegiatan diantaranya akreditasi sekolah”.

Pihak sekolah pun menanggapi hal ini dengan antusias.Kepala Sekolah, Bapak Mohammad Ismail S.Pd menyampaikan, “kegiatan ini sangat membantu mengelola arsip, sekolah biasanya kesulitan mencari dokumen saat dibutuhkan karena pengelolaan arsip yang tidak baik”.

Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru dalam mengelola arsip, mulai dari penyusunan dan penyimpanan. (akw-iv)

Facebook Comments