Anjloknya Harga Kopra, Puluhan Mahasiswa Maluku Utara Demonstrasi Tuntut Jokowi-Jk

Anjloknya Harga Kopra, Puluhan Mahasiswa Maluku Utara Demonstrasi Tuntut Jokowi-Jk

- in Peristiwa
129
0

Visioner.id – Malang – Mahasiswa Maluku Utara yang tergabung dalam gerakan melakukan aksi di depan kantor DPRD Kota Malang, pada hari Senin, (03/12/2018) di bundaran Balai Kota Malang epatnya depan Gedung DPRD Kota Malang.

Pasalnya Harga kopra yang anjlok di Maluku Utara kini menjadi isu nasional, kopra merupakan komoditas unggulan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah maupun pusat sebabagaimana yang tercantum dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 1963 tentang Kopra yang ditetapkan dalam Deklarasi Ekonomi pada tanggal 28 Maret 1963, pasal 12 ayat 2 poin e, “Menurut Badan Pusat Statistik, pada semester pertama 2018 nilai expor kopra tercatat USS 21,76 juta dengan volume sebesar 18,75 juta kg. Nilai ini naik menjadi 170,52% di tahun lalu 8,05 juta USS dolar dan volumenya naik menjadi 172,41 % dari periode sama tahun lalu di 6,88 juta kg”.

Begitulah yang diungkapkan oleh Ifan selaku Korlap aksi Gerakan Mahasiswa Maluku Utara-Malang yang saat diwawancarai langsung ditempat aksi.

Kita Sebagai putra daerah apalagi mahasiswa tentu harus punya rasa kritis dan kami Gerakan Mahasiswa Maluku Utara-Malang (GEMMA) memberikan pernyataan sikap kepada pemerintah pusat dalam hal ini Jokowi-JK dan pemerintah Provinsi Maluku Utara “mengambil langkah tegas untuk menyingkapi permasalahan yang terjadi di Provinsi Maluku Utara terkait anjloknya harga kopra dan Pemerintah Pusat harus menginstruksikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara agar secepat membangun lapangan produksi Kopra”. Tegas Ifan sebagai koordinator lapangan aksi.

Aksi kali ini pun sempat dorong-dorongan dengan aparat kepolisian Polres Malang Kota. (Adt).

Facebook Comments