Merasa Tidak Sesuasi Prosedur, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Lantan (AMPDL) Minta Hentikan Tambang Galian C

Merasa Tidak Sesuasi Prosedur, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Lantan (AMPDL) Minta Hentikan Tambang Galian C

- in Peristiwa
475
0

Visioner.id, NTB – Ratusan masyarakat yang terhimpun dalam Aliansi Masyarakat Peduli Desa Lantan (AMPDL) melakukan demonstrasi untuk meminta pemberhetian proses galian tambang C yang meresahkan warga sekitar serta berdampak pada lingkungan sekitar. Pada hari Sabtu, (11/01/2020).

Dalam aksi tersebut ratusan massa aksi berkumpul di halaman kantor Desa Lantan guna meminta pernyataan sikap kepada pemerintah Desa Lantan untuk merespon aspirasi masyarakat.

Menurut Hamzan Wadi yang sebagai koordinator lapangan aksi tambang galian C ada 3 titik , setelah kita cek ada problem di masalah amdal, dan ternyata benar saja pasca galian tambang pertama tidak ada proses restorasi pasca penambangan, sehingga hal ini yang menjadi landasan kami untuk meminta galian dihentikan karna tidak sesuai prosedur tambang.  Ungkapnya.

Lanjutnya, drump truck banyak berlalu lalang di seiktar tambang dan  di area tempat tinggal masyarakat sehingga berdampak ketidaknyaman bagi masyarakat sekitar, selain itu proses mobilisasi tambang berdampak pada ķerusakan infrastruktur terutama jalan yang biasa di gunakan warga tambahnya.

Kami pun menyesali pihak -pihak terkait yang mengeluarkan izin tanpa adanya evaluasi terhadap tambang sebelumnya. Tutur Hamzan Wadi selaku koordinator lapangan.

Dalam aksi tersebut sempat terjadi adu data antara warga dan pihak tambang. Diketahui Desa Lantan termasuk dalam 99 desa destinasi pariwisata NTB, dan termasuk dalam 33 Desa prioritas pariwisata. Kestabilan ekosistem lingkungan hidup harus  benar-benar  terjaga, dan dengan adanya aktivitias galian C  yang tidak sesuai dengan prosedur dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup.

Dari Informasi didapatkan Kepala Desa yakni Erwandi dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yakni Bohri Rahman telah menandatangi pernyataan sikap dari AMPDL.

       Surat Pernyataan Sikap

Warga Desa Lantan merasa sedikit legah karena Kepala Desa Lantan telah berjanji dan mengayomi aspirasi tersebut. tutupnya. (Adt).

 

Facebook Comments