IPC Watch : Kapal Pandu Pelindo Jual BBM di Laut

IPC Watch : Kapal Pandu Pelindo Jual BBM di Laut

- in Peristiwa
88
0
Ilustrasi
Visioner.id- Beberapa hari lalu tersiar berita bahwa Bea Cukai Kepulauan Riau berhasil melakukan penindakan terhadap kapal TB. SEI DELI III yang tengah melakukan pemindahan bahan bakar minyak (BBM) ke kapal TB. CELEBES pada hari Minggu di perairan Pulau Nipah.
Director Indonesia Port and Customs Watch Subhan Hadil, mengapresiasi Kesigapan Tim Bea Cukai, berkanaan dengan Danya jual Beli BBM yang merugikan negara.
“Bisa jadi sudah berlangsung cukup lama dan tidak menutup kemungkinan terjadi di tempat yang lainnya,” katanya saat diskusi Kepelabuhanan Indonesia di Jakarta, Sabtu (24/1/2020).
Ia pun memdesak kementrian BUMN, Aparatur Penegak hukum untuk menindaklanjuti kasus tersebut dengan mengawasi dan memeriksa semua kapal kepanduan di seluruh pelabuhan Indonesia.
“Tidak hanya ada di wilayah Pelabuhan Indonesia 1, tapi semua Pelindo dari 1 hingga 4, karena modus tersebut cukup banyak tersiar di berbagai kalangan,” tegasnya.
Subhan Hadil pun berharap, mata rantai pelaku tersebut dapat di proses hukum secara terbuka. “Baik para pelaku di lapangan, di kapal kepanduan, para kapal pembeli hingga pimpinan perusahan pelabuhan dan pemilik kapal,” katanya penuh harap.
“Kasus jual beli BBM di laut yang terjadi di Batam menggunakan kapal Pelindo TB. SEI DELI III adalah kapal milik PT PELINDO I cabang Batam dan merupakan kapal tunda yang diberikan persetujuan menggunakan sarana bantu pemanduan untuk melaksanakan kegiatan penundaan kapal pada Perairan Wajib Pandu Batam dan Nipah untuk menaikan dan menurunkan pandu ke atau dari atas kapal yang akan dipandu, serta melaksanakan tugas-tugasnya, dan tidak diperuntukan jual beli BBM,” jelasnya. (*)

Facebook Comments