Generasi Muda Mathlaul Anwar Jawa Timur Meminta Presiden Jokowi Ikut bersikap Atas Peristiwa Muslim Uighur China

Generasi Muda Mathlaul Anwar Jawa Timur Meminta Presiden Jokowi Ikut bersikap Atas Peristiwa Muslim Uighur China

- in PolHum
240
0

Visioner.id, Jawa Timur – Ketua Bidang Kajian Sosial Politik Generasi Muda Mathlaul Anwar Jawa Timur Moch. Faisal meminta pemerintahan Presiden Jokowi untuk turun tangan soal pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan China terhadap warga muslim Uighur di Xinjiang.

Faisal menegaskan Organisasinya mengutuk keras perbuatan Pemerintah China itu. Ia meminta Jokowi untuk meyakinkan negara-negara Islam di Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menggelar rapat khusus membahas hal ini.

Kepentingan China di negara kita juga cukup banyak. Karena itu, kita juga dapat memberi tekanan diplomatik kepada Pemerintah China untuk menghentikan pemaksaan terhadap umat Islam di China. Ini adalah persoalan kemanusiaan dan HAM, bukan ingin mencampuri urusan dalam negeri China“, kata Faisal saat di wawancarai

Selain itu Ketua Generasi Muda Mathlaul Anwar Fahmi Ismail Menilai Pemerintah China yang menuding muslim Uighur sebagai kelompok ekstremis dan radikal karena memeluk Islam.

Bahkan Pemerintah China, ucap Fahmi, mengurung muslim Uighur dalam sebuah kamp. Mereka didoktrinasi untuk meninggalkan Islam dan memeluk paham komunisme.

Ia menilai hal tersebut bertentangan dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (Duham) yang juga sudah diratifikasi China pada 1948.

Pemerintah China wajib mematuhi Piagam PBB dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang menjamin kebebasan memeluk agama“, Lanjut Fahmi. (Adt).

Facebook Comments