PAN tak Ingin Ada ‘Calon Boneka’ di Pilkada Serentak

PAN tak Ingin Ada ‘Calon Boneka’ di Pilkada Serentak

- in PolHum
485
Komentar Dinonaktifkan pada PAN tak Ingin Ada ‘Calon Boneka’ di Pilkada Serentak
yandri susanto

Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku siap berkoalisi dengan partai politik lain, untuk mengusung pasangan calon di tujuh daerah yang memiliki calon tunggal pada pilkada serentak. Namun, pengajuan calon tersebut terkendala, dan juga membutuhkan koalisi dengan parpol lain.

“Contoh di Surabaya, kader PAN diusung menjadi calon wali kota sungguhan tapi wakilnya lari. Kemudian di Tasikmalaya memang PAN mendukung incumbent, tapi masih ada enam partai lagi yang belum mengusung,” ujar Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, Jumat (7/8).

Ia melanjutkan hal serupa terjadi di Samarinda, Blitar, Timur Tengah Utara, Pacitan dan Kota Mataram, dimana jumlah kursinya belum memadai. “Kita sudah tetapkan calon juga tapi PAN cuma dua kursi disana, tidak bisa. Di Timur Tengah Utara PAN cuma satu kursi, Mataram itu satu kursi, di Pacitan dua kursi dan di Blitar itu kita tujuh kursi,” ungkapnya.

Karenanya, Yandri mengatakan yang terjadi saat ini di tujuh daerah tersebut, PAN tengah berkomunikasi dengan parpol lain untuk mengajukan calon. Ia juga memastikan pengajuan pasangan calon dipersiapkan dengan matang, sehingga tidak ada istilah ‘calon boneka’.

“Sekarang kami sedang bangun komunikasi itu, intinya kita punya nyali untuk bertarung, tidak ada yang pasti di dunia politik, yang dinyatakan pasti menang tapi kalah, yang dinyatakan kalah pasti bisa menang,” ujar anggota Komisi II DPR RI tersebut. Republika

Facebook Comments