Gus Mus: Kalau tidak ada KH Hasyim Asy’ari, tidak ada Indonesia

Gus Mus: Kalau tidak ada KH Hasyim Asy’ari, tidak ada Indonesia

- in Daerah, Peristiwa
531
0

Pamekasan, Visioner.id –  Semua ahli sejarah sudah mengakui KH. Hasyim As’yari disebut-sebut sebagai peletak batu pertama kemerdekaan Indonesia, bahkan orang non muslim bangga dengan perjuangannya sebagai pahlawan pertama dalam kemerdekaan Negara Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh KH. Ahmad Musthafa Bisri ( Gus Mus) saat mengisi tausiyah penutupan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di halaman Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan, Minggu (26/10/2019) malam.

Sebagai seniman, Kiai yang akrab dipanggil dengan Gus Mus menceritakan pengalamannya saat pergi ke musium yang terdapat gambaran KH. Hasyim Asyari dibuat oleh orang cina.

“Mengapa kamu melukis gambar ini? Mengapa tidak gambar budha aja? Jawab dia, Kalau tidak ada orang ini tidak akan ada Indonesia,” tegas Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu

Bahkan, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang ini mengatakan, ada sebuah buku berbahasa arab karya Sayid Muhammad Asad Syihab berjudul “al-‘allamah Muhammad Hasyim Asyari wa bi’ulafati istiqlali Indonesia”.

“Dia adalah wartawan yang men-cover berita revolusi indonesia dari sebelum kemerdekaan, arti dari judul tersebut adalah maha kiai Hasyim Asyari peletak batu pertama kemerdekaan Indonesia” lanjutnya

Diterangkan, orang Nahdlatul Ulama itu sudah mempraktekkan amalan-amalan Nabi Muhammad dan sudah sejalan, jadi tidak usah teriak-teriak pakai 1 hadits.

“Jika masih teriak-teriak berarti orang itu harus ngaji dulu, karena islam itu santai dan tidak menyebar kebencian,” paparnya. (drut/zan)

Facebook Comments