Warga Kaplongan Gelar Khitanan Massal, dan Santunan Anak Yatim dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Warga Kaplongan Gelar Khitanan Massal, dan Santunan Anak Yatim dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

- in Default
60
0
KH. Muhammad yusuf saat memberi mauidzotul hasanah

INDRAMAYU, Visioner.id- Puluhan pemuda Desa Kaplongan, Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu mengikuti acara bhakti sosial.

Acara bhakti sosial yang berlangsung di area Masjid Jami Al Barokah Kaplongan ini sengaja digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di tahun 2020 ini, Rabu (19/11/2020).

Peringatan maulid Nabi tahun ini, dikemas dalam beberapa agenda antara lain yaitu khitanan massal, santunan anak yatim, dan dhuafa, serta karnaval budaya,. Ujar ketua panitia kegiatan maulid nabi saw H. Khoeron dalam keterangan tertulisnya kepada visioner.


Kegiatan pelepasan karnaval budaya, khitanan massal, santunan anak yatim dan dhuafa, serta lomba & cerdas cermat tingkat TK-DTA-SD/MI dibuka langsung oleh Kuwu Kaplongan H. Saidi.
Sebelum dikhitan, puluhan anak-anak yang rata-rata masih duduk di bangku Sekolah Dasar ini mengikuti arak-arakan dari depan Masjid Al-Barokahi Desa Kaplongan dan kemudian berjalan menyusuri jalan desa kaplongan,. Ujar H. Khoeron


Tak lupa kami ucapkan terimakasih yang dalam atas kerjasama panitia dalam mensukseskan acara maulid kali ini, Ujar Sekretaris panitia acara Romdhon.


Kami sangat bersyukur meski berada dalam kondisi pandemi covid-19 namun, antusias pemuda dan masyarakat Desa kaplongan tak diragukan lagi kekompakanya sehingga acaranya menjadi sangat meriah, kegiatan ini juga dihadiri jajaran prangkat desa mulai dari RT, RW, pamong desa & kuwu desa kaplongan, Imbuh H. Khoeron


Ketua DKM KH. Ali Jabidi, BA mengatakan bahwa kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. rutin dilakukan setiap tahun dan sudah masuk program kerja pengurus DKM dengan Tujuan dilaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pertama; Supaya kenal dan cinta kepada Nabi Muhammad Saw, tanda-tanda kita cinta dan kenal adalah kita kenal Nabi dari sejarahnya dan apa-apa yang ditinggalkan Nabi SAW untuk umatnya, dengan apa yang ditinggalkan Nabi untuk umat nya tersebut kita dapat mengetahui kepribadian Nabi Muhammad SAW tersebut. Kedua adalah; untuk dapat kita mencontoh dan meneladani akhlak nabi Muhammad Saw. Kita mencontoh akhlak nabi Muhammad Saw paling tidak dengan menerapkan empat sifat nabi Muhammad SAW, yakninya; Shidik, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Tujuan ketiga adalah; supaya kita bersemangat dalam menjalankan dan menyiarkan ajaran agama nabi Muhammad SAW. terutama sekali dalam menjalankan syariat agama Islam, seperti shalat 5 waktu, puasa dan segala kebaikan yang dianjurkan dalam ajaran Islam.


Kegiatan maulid Nabi SAW ini ditutup dengan Tahlil ikhtisor yang dipimpin oleh Kyai Fatoni Kaplongan sebelum Mauidzoh Hasanah oleh KH. Muhammad Yusuf Chudlori atau lebih dikenal Gus Yusuf yang tak lain adalah seorang budayawan dan ulama Pengasuh Pondok Pesantren Salafi Tegalrejo Magelan, Tutup H. Khoeron

Facebook Comments