Berhasil Kendalikan Ibukota, PMIT: Kapolda Metro Jaya Layak Dipertimbangkan Jadi Kapolri

Berhasil Kendalikan Ibukota, PMIT: Kapolda Metro Jaya Layak Dipertimbangkan Jadi Kapolri

- in Default
164
0

Jakarta: Di tengah polarisasi sosial politik antara negara khususnya aparat keamanan (Polri) dengan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam FPI hari-hari ini, menimbulkan banyak spekulasi publik tentang sosok suksesor Kapolri Idham Aziz.

Ketua Umum Persatuan Mahasiswa Indonesia Timur (PMIT) Hidayat Renwarin saat dimintai pandangannya pada Sabtu (19/12) mengungkapkan bahwa, Indonesia sangat membutuh sosok Kapolri yang tegas, santun dan berintelektual guna meningkatkan stabilitas keamanan nasional di tengah volatilitas ekonomi, sosial dan politik seperti saat ini.

“Bangsa yang aman dan damai selalu memiliki suprastruktur keamanan yang memadai baik secara teknologi dan sumberdaya manusia aparat keamanannya”, ujar Hidayat.

Menurutnya, demi kemanan bangsa dan negara, aparat keamanan wajib profesional dan mampu mengendalikan segala potensi social disorder secara tegas, efektif dan efisien.

Lebih lanjut pemuda berdarah Maluku ini menjelaskan bahwa, Sosok seperti Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si, menjadi figur yang layak dipertimbangkan untuk diamanahkan sebagai Kepala Kepolisian RI menggantikan Kapolri Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun.

“Performa apik Pak Kapolda Metro Jaya dalam mengendalikan dan menangani polarisasi sosial politik di tengah fenomena pandemik Covid-19 ini, penting diapresiasi secara proporsional. Beliau cukup tegas dan cerdas dalam menunaikan tanggung jawabnya sebagai kapolda metro jaya di samping beliau memiliki reputasi kebayangkaraan yang cemerlang”, urainya

Selain itu, tambah Hidayat, karakter kepemimpinan Mohammad Fadil Imran dinilai lebih bisa diterima oleh semua kelompok dan golongan bangsa ini, meskipun secara manusiawi beliau dianggap kontraversial oleh kelompok kecil tertentu.

“Kewajiban memberikan rasa dan kebijaksanaan penegakan hukum harus dimulai dari kesediaan bangsa ini untuk menempatkan figur yang tepat pada posisi Kapolri. Dan saat ini, sosok pak Fadil dinilai sangat representatif untuk diberikan kepercayaan tersebut”, tutup Hidayat.

Facebook Comments