Geruduk Gedung KPK, Massa Mendesak Perusahaan Sawit Best Group Kalimantan Diusut

Geruduk Gedung KPK, Massa Mendesak Perusahaan Sawit Best Group Kalimantan Diusut

- in Default
3229
0

Visioner.id – Jakarta Sekelompok massa yang tergabung dalam Koalisi Pejuang Rakyat menggeruduk Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Rabu (03/03). Mereka meminta lembaga antirasuah itu untuk mengusut dugaan pelanggaran kebun sawit yang dilakukan oleh anak perusahaan Best Group di Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah.

Andi Abdullah Saban, dalam orasinya menyampaikan jika pengelolaan lahan sawit di Pulpis sarat dengan penyelewengan dan korupsi, ia mendesak kepada KPK untuk segera memeriksa pejabat daerah dan anak perusahaan Best Group di Kalimantan Tengah.

“Harapan kami kepada KPK ialah segera turun ke Kalteng, selama ini aspirasi kami tidak pernah didengar, kami meminta dengan hormat agar KPK segera menyelidiki berbagai macam kecurangan dan persekongkolan antara pengusaha sawit dan pejabat daerah di Pulang Pisau yang kian menjadi-jadi,” kata Andi, di depan gedung KPK, Selasa.

Kehadiran Andi dan Kelompoknya di halaman gedung KPK disebabkan masalah alih fungsi hutan gambut menjadi kawasan perkebunan, menurut Andi, kehadiran kebun sawit tersebut telah mengambil sebagian kawasan konservasi hutan Sebangau Kuala.

“Kami sudah tidak bisa berharap lagi kepada pejabat daerah, semuanya seperti sudah dikontrol. Belum lagi ganti rugi lahan milik warga belum selesai, kami meminta kepada KPK untuk menyelidiki kecurangan demi kecurangan atas izin usaha anak perusahaan Best Group di Pulang Pisau, jika tidak, kami akan menginap di sini” tandas Andi.

Aksi tersebut sempat ricuh karena sebagian massa memaksa menerobos pintu depan KPK. Namun, selang beberapa waktu kemudian mereka membubarkan diri.

Facebook Comments