Lomba Fotografi dimasa Pandemi. Meningkatkan Produktivitas anak Negeri dalam Mengekplorasi Bumi Pertiwi.

Lomba Fotografi dimasa Pandemi. Meningkatkan Produktivitas anak Negeri dalam Mengekplorasi Bumi Pertiwi.

- in Default
40
0

Oleh : Agi Trisa Muhrom (Ketua Divisi Jurnalistik Ekstrakurikuler Broadcasting SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor)

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, kita dituntut untuk selalu berkarya dalam hal apapun. Tak ada halangan situasi dan kondisi selagi kita masih bisa mensiasati. Itulah yang dilakukan Ekstrakurikuler Light Out Broadcast Smaroe SMA Negeri 1 Rumpin atau biasa disingkat LOBS.

Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2021, Ekstrakurikuler Light Out Broadcast Smaroe melalui Divisi Fotography mengadakan kegiatan Lomba Foto Se-Jabodetabek Jilid #1 yang bertemakan “Rumpin Earth Day Foto Competition”

Perlombaan ini digagas karena dunia fotografi mengalami perkembangan pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Sudah banyak kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan dunia fotografi ini, dimulai dari diskusi perkembangan teknologi baru, hunting foto sampai perlombaan dengan tema lightrail, zooming, panning dan sebagainya. Dikarenakan situasi masih pandemi covid-19, kegiatan ini diselenggarakan secara daring sesuai aturan dan arahan dari pihak sekolah yang telah memberikan izin 100 persen terhadap kegiatan ini.

Tujuan kegiatan ini tidak lain tidak bukan untuk memberikan wadah pengujian kepada para fotographer dalam kemampuan memotretnya, menumbuhkan jiwa kompetitif dikalangan masyarakat dan menjadi suatu tolak ukur ekskul ini dalam mengadakan sebuah kegiatan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan cukup terbilang sukses, karena pada awal pembukaan pendaftaran, panitia menargetkan kegiatan lomba foto ini diikuti oleh sekurang-kurangnya 20 peserta, namun nyatanya yang mendaftar untuk mengikuti lomba sebanyak 28 peserta dengan jumlah karya foto sebanyak 72. Peserta berasal dari berbagai daerah di wilayah JABODETABEK yang berusia sekitar 15-35 tahun. Peserta diperbolehkan mengirimkan sebanyak 3 buah karya foto.

Semua karya dari peserta dinilai oleh juri yang berkompeten di bidang fotografi yaitu Kelik Widiartono sebagai Sekretaris Umum Pewarta Foto Indonesia Bogor dan Arya Pradana Juhara, S.Pd,. selaku pembina dari Ekstrakurikuler Light Out Broadcast Smaroe SMA Negeri 1 Rumpin.

Dari hasil penilaian juri, lomba ini dimenangkan oleh Eriyanto yang berasal dari Kecamatan Nanggung Kabuoaten Bogor sebagai Juara Pertamanya dan Mulpi Septiandi Juara kedua dari Desa Cisentul Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, serta Muhammad Riansyah desa Rabak Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor sebagai Juara Favorit yang ditentukan melalui perhitungan jumlah like dan komen terbanyak di instagram @lightoutbroadcastsmaroe. Juara mendapatkan Piala, sertifikat, merchandise dan uang pembinaan yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para juara dan dapat memotivasi untuk terus menghasilkan karya.

Suksesnya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan penuh dari pihak sekolah dan bantuan berbagai pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan ini seperti, instansi pemerintahan di wikayah kecamatan Rumpin dan beberapa perusahaan yang ada di Kecamatan Rumpin.

Tentunya banyak pihak yang berharap event-event seperti ini banyak diadakan untuk menggugah jiwa kompetitif dan mengeksplorasi keindahan alam dalam kemasan lain supaya menjadi daya tarik tersendiri. Melalui event-event seperti inilah para fotograper pemula dapat mengukur sejauh mana keterampilan yang dimilikinya dalam bidang fotografi.

Facebook Comments