Sawal Pabi, S. Psi : Pelayanan Kesehatan itu Penting Bagi Tenaga Kerja!

Sawal Pabi, S. Psi : Pelayanan Kesehatan itu Penting Bagi Tenaga Kerja!

- in Liputan Diskusi
146
0
Sawal Pabi., S. Psi Saat Membawakan Materi Pada Pelatihan Calon Ahli K3 Umum KEMNAKER RI 2020

Visioner.id, Sulsel  –  Senin, (20/07/2020), pelatihan calon Ahli K3 Umum KEMNAKER RI melalui via zoom yang diselenggarakan oleh PT. PAS (Piramida Amanah Sakti) dengan judul materi yakni Pengawasan Norma K3 Kesehatan Kerja yang dibawakan langsung oleh Sawal Pabi., S. Psi.

Pelayanan Kesehatan Kerja merupakan salah satu lembaga K3/unit kerja yang ada di perusahaan, sebagai sarana perlindungan tenaga kerja terhadap setiap gangguan kesehatan yang timbul dari pekerjaan atau lingkungan kerja”. Ucap Sawal Pabi.

Dikatakan olehnya, program kesehatan kerja dilakukan melalui Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Kerja/PKK (Occupational Health Services) PKK merupakan upaya kesehatan kerja yang mencakup pencegahan (preventif), peningkatan (promotif), pengobatan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif). Dengan mempertimbangkan faktor-faktor bahaya yang ada di tempat kerja yang berpengaruh terhadap kesehatan tenaga kerja.

Lanjutnya, di Sulawesi Selatan ada 12.000 Perusahaan dan seluruh Perusahaan wajib melaporkan secara administrasi laporannya kepada pemerintah terkait, salah satunya adalah data medical chek up. Selama saya bekerja masih banyak Perusahaan yang belum memiliki K3 Umum atau bahkan belum mengetahui secara administrasi proses pembuatan struktur P2K3. Dan ini perlu kita benahi secara sama-sama, karena ini adalah bagian dari upaya mitigasi kesehatan bagi tenaga pekerja yang ada di setiap perusahaan. Dan ini sesuai dengan amanat UU. Tambahnya.

Menurut Sawal, Sesuai Permenakertrans No. Per.15/Men/VIII/2008 ttg P3K  Pasal 2 di Tempat Kerja bahwa Kewajiban pengurus/pengusaha adalah wajib menyediakan petugas P3K dan fasilitas P3K di tempat kerja. Yang kedua adalah pengurus wajib melaksanakan P3K di tempat kerja.

Tentunya ini sangat penting karena manfaat dari pelayanan kesehatan adalah sebagai sarana perlindungan kesehatan tenaga kerja, menekan angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja (dg upaya promotif dan preventif), mencegah/mengurangi kehilangan jam kerja, dan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan kerja“. Tutupnya. (Adt).

 

 

 

Facebook Comments