Poros Pemuda Demokrasi Untuk Sulsel Dukung BBM Ramah Lingkungan

Poros Pemuda Demokrasi Untuk Sulsel Dukung BBM Ramah Lingkungan

- in Migas
66
0

MAKASSAR – Lingkungan yang bersih dan udara yang sehat adalah hak setiap warga negara Indonesia dan hal itu diatur dalam Undang-undang (UU). Atas dasar itu, Poros Pemuda Demokrasi Untuk Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan mendukung rencana pemerintah mengimplementasikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ramah lingkungan di seluruh wilayah Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Poros Pemuda Demokrasi Untuk Sulsel, Pahmuddin Cholik dalam Seminar bertajuk “Indonesia Menuju BBM Ramah Lingkungan” yang diselenggarakan Selasa, 29 September 2020, di Makassar.

“Agama (Islam) juga mengajarkan bahwa salah satu tugas manusia adalah menjadi “khalifah fill ard” yakni wakil Allah SWT di muka bumi untuk memakmurkan bumi, bukan merusaknya. Atas dasar itu maka kami mendukung penggunaan energi bersih di seluruh wilayah Indonesia, antara lain dengan penggunaan BBM ramah lingkungan,” ujar Pahmuddin.

Ia menjelaskan, tentang BBM ramah lingkungan itu sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Disana disebutkan, yang layak digunakan adalah BBM Standar Euro 4 dengan minimal Research Octane Number (RON) 91.

Berangkat dari itu, Pahmuddin juga mendesak Pemerintah secara masif mensosialisasikan pentingnya BBM ramah lingkungan, dan secara bertahap menghapuskan BBM RON rendah yang terbukti sangat mencemari udara akibat emisi karbondioksida.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk bahu-membahu menciptakan udara bersih dan lingkungan yang lebih sehat demi kualitas hidup yang lebih baik dimasa depan,” tegas Pahmuddin yang juga Ketua Bidang PSDA PBHMI.

Ia pun menambahkan, dengan implementasi BBM ramah lingkungan ini, maka bahan baku seperti sawit wajib didorong oleh pemerintah untuk secara perlahan dikelola langsung oleh BUMN, bukan swasta.

“Dengan langkah yang persuasif, saya yakin negara mampu melakukan itu, tentunya dengan dukungan segenap masyarakat Indonesia,” tandasnya.


Facebook Comments