Pesantren Nuruzzahroh Depok Serobot Lahan Milik Pertamina

Pesantren Nuruzzahroh Depok Serobot Lahan Milik Pertamina

- in Nasional
692
0

Visioner.id – Depok (4/1/2021) Pesantren Nuruzzahroh merupakan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) yang terletak di Jl. Ir. Juanda No. 9 Bakti Jaya Kecamatan Sukmajaya Depok, Pesantren ini menjalankan pendidikan dari tingkat PAUD hingga SMA. Lokasinya bersebelahan dengan lahan hijau Perusahaan Gas Negara (PGN).

Diketahui lahan hijau milik Pertamina melalui anak usahanya PT PGN/PGAS, salah satunya terdapat di sepanjang Jalan Juanda Depok.

Namun di awal tahun ini warga Kelurahan Bakti Jaya dihebohkan dengan penyerobotan lahan milik negara untuk dialihfungsikan dari semula ruang terbuka hijau menjadi halaman Pesantren Nuruzzahroh.

Hal ini turut mengundang komentar masyarakat sekitar, salah satunya dari Abdul Apip menyebut “Nuruzzahroh asal serobot lahan pertamina, padahal itu lahan hijau tapi asal dipakai aja.”

UU No. 26 Tahun 2007 tentang Ruang Terbuka Hijau, Pasal 69 ayat (1), menyebut setiap orang yang yang tidak menaati dan merubah fungsi maka dipenjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 500juta.

Abdul menambahkan bahwa di bawah lahan hijau itu terdapat pipa gas kepunyaan PGN (Perusahaan Gas Negara) anak usaha PT Pertamina (Persero). “Di bawahnya itu ada pipa gas, klo pesantren kasi contoh serobot lahan nanti bisa-bisa warga juga ikutan, ini bahaya, ini malah bikin galian tanpa izin.” tambahnya.

Dalam pantauan redaksi, memang lahan yang terletak di sebelah Mall Pesona Square ini masih tampak kosong dan tidak ada petugas yang berjaga, sehingga kalaupun ada peristiwa pencaplokan lahan sulit untuk diketahui. Pertamina perlu untuk memantau dan melakukan pengecekan untuk menghindari penyalahangunaan lahan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Facebook Comments