Inspirasi Damai Pancasila

Inspirasi Damai Pancasila

- in Opini
696
0

(Gagasanindonesia.com, Trenggalek) Gatot Sudjito dalam agenda Dengar Pendapat Dengan Masyarakat yang diadakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) di Trenggalek mengatakan bahwa pancasila sebagai ideologi Negara menjadi dasar bagi masyarakat khususnya pelajar agar mengamalkan nilai-nilai yang tertuang dalam pancasila. “Faktanya, hari ini ada pihak-pihak yang berkelompok dalam arus gerakan radikalisme yang bersembunyi dalam jubah agama, ingin menggerus nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila”. (27/02/2016)

Dalam konteks Demokrasi hari ini Gatot Sudjito menjelaskan “Pancasila dalam sila ke empat merupakan inspirasi melahirkan pemimpin yang baik tanpa jalur kekerasan. Hal-hal yang krusial musti di selesaikan secara adil oleh penyelenggara pemilu, agar proses demokrasi tidak melahirkan fragmentasi tapi menghadirkan kedewasaan dalam berkompetisi”.

Demokrasi Pancasila mengedepankan kompetisi yang damai, yang menang tidak jumawa dan yang kalah tidak meratapi kekalahan. Kehadiran demokrasi pancasila di daerah akan melahirkan regenerasi kepemimpinan nasional yang mumpuni.
“Pemilu 2014 sudah membuktikan bahwa Presiden RI yang terpilih berasal dari pemimpin daerah” Ujar Gatot Sudjito.

Di Kabupaten Trenggalek sendiri telah melahirkan pemimpin muda yang mumpuni dalam proses pemilihan kepala daerah pada bulan desember 2015 lalu. Untuk itu, komitmen kepala daerah yang terpilih diharapkan agar selaras dengan cita-cita yang terkandung dalam pancasila.

Facebook Comments