IPC Watch : Agar aman, penyeludupan BBM pakai Kapal Pandu Pelindo

IPC Watch : Agar aman, penyeludupan BBM pakai Kapal Pandu Pelindo

- in Peristiwa
190
0
Ist

Visioner.id- Bea Cukai Kepulauan Riau menangkap kapal tunda TB. SEI DELI III yang sedang memindahkan bahan bakar minyak (BBM) ke kapal TB. CELEBES.

Penangkapan ini terjadi di perairan Pulau Nipah hari Minggu, Januari 2020. Dugaan penyeludupan BBM ini pasti merugikan negara miliaran rupiah. Yang paling mengagetkan ternyata melibatkan kapal milik BUMN pelabuhan Pelindo 1.

“Ini sangat merugikan negara dan yang menyakitkan melibatkan Pelindo. Saya duga ini sudah terjadi cukup lama di banyak tempat dan bayangkan berapa ratus miliar negara rugi” kata Subhan Hadil, Director Indonesia Port and Customs Watch (IPC Watch), di sela-sela diskusi tantangan kepelabuhanan indonesia kemarin jumat (24/01/2020).

Ia juga mendesak kementrian BUMN, Aparatur Penegak hukum untuk segera menindaklanjuti dan mengembangkan kasus ini.

“Aparat hukum harus mengawasi dan memeriksa semua kapal kepanduan di seluruh pelabuhan Indonesia mulai dari pelindo 1 hingga 4. Saya duga modus operandi yang libatkan kapal milik BUMN ini agar bisa memuluskan penyeludupan dan hilangkan kecurigaan dari aparat,” katanya.

“Saya apresiasi tindakan berani tim bea cukai kemarin, namun agar tuntas jangan diselesaikan antar instansi dengan ‘kompromi’, tetapi harus ditindak tegas lewat jalur hukum. Kalau tidak, pasti praktek itu akan terus berlanjut” sambung dia.

Ia berharap, kasus ini dikembangkan. Mata rantai harus terurai dan para pelaku harus di proses hukum secara transparan ke publik.

“Pemerintah dan Pertamina harus serius kalau memang serius berantas mafia meskipun itu ada di tubuhnya sendiri” tutupnya. (*)

Facebook Comments